PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa

BSIP Perkenalkan SNI 9245:2024 kepada Para Penyuluh




#RawaBisa
 
Banjarbaru, 07/03 - Sebanyak 50 orang penyuluh dari Kabupaten dan Kota di Kalimantan Selatan menyambangi BSIP Lahan Rawa dalam serangkaian kegiatan Bimbingan Teknis Penyuluh Pertanian Swadaya Tahun 2024 yang digelar oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalsel.
 
BSIP Lahan Rawa memberikan pencerahan mengenai potensi pengembangan lahan rawa untuk pertanian. Ani Susilawati, M.Sc., yang menjadi narasumber, menekankan bahwa lahan rawa merupakan 'raksasa tidur' yang dapat memajukan produksi pangan jika dimanfaatkan secara optimal.
 
Paparan Ani juga memperkenalkan SNI 9245:2024 tentang Penataan Lahan Rawa Pasang Surut Tipe Luapan B dengan Sistem Surjan. Menurutnya, standar ini menjadi solusi unggul dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. Dengan mempertimbangkan aspek-aspek kritis dalam penataan lahan rawa menggunakan sistem surjan, standar ini tak hanya meningkatkan efisiensi pengelolaan lahan, tetapi juga melindungi sektor pertanian dari dampak perubahan iklim.
 
Sementara itu, Perangkat Uji Tanah Rawa (PUTR) menjadi fokus pelatihan dalam kegiatan ini, dan para peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi.
 
Kabid Penyuluhan DPKP Kalsel, Hikmah, menyampaikan ucapan terima kasih atas ilmu yang dibagikan oleh BSIP Lahan Rawa. Ia berharap agar para penyuluh dapat menerapkan pengetahuan yang mereka dapatkan dalam pelatihan tersebut, karena mereka dianggap sebagai garda terdepan dalam meningkatkan produktivitas, terutama dalam sektor pangan dan hortikultura.(AF)
 
#SayaBSIP
#Agrostandar