PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa

BSIP - BSPJI: Bangun Kolaborasi Pengujian dan Pengembangan Standar




#RawaBisa
 
(Banjarbaru, 27/02) BSIP Lahan Rawa menerima kunjungan dari Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Banjarbaru sebagai tindak lanjut atas kunjungan sebelumnya dari BSIP Lahan Rawa ke BSPJI. Kunjungan ini bertujuan untuk mengkoordinasikan upaya kolaborasi dalam bidang pengujian dan pengembangan standar lahan rawa pada berbagai aspek. I Dewa Gede Putra Prabawa, S.Si., dan Abdul Qodir, ST., datang mewakili BSPJI Banjarbaru dan disambut oleh Kepala BSIP Lahan Rawa, Agus Hasbianto, Ph.D., beserta tim yang terdiri dari Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Zainudin SP.), Ketua Tim Kerja Layanan Pengujian dan Penilaian Kesesuaian (Dr. Maulia Aries Susanti), Ketua Tim Kerja Program, Evaluasi dan Penyebarluasan Hasil Standardisasi (Dr. Yuli Lestari), Fungsional Analis Standardisasi (A. Adi Surya S., SP, MS, dan Eva Berlian E.P., SP.), Fungsional Pengawas Benih (Normahani, SP.), serta Teknisi Litkayasa (Khairiyanti, A.Md.).
 
Seperti halnya BSIP Lahan Rawa, BSPJI juga mengemban fungsi penyusunan dan pengujian standar.  Untuk meningkatkan efektivitas layanan dan penyebarluasan informasi yang terstandar, diperlukan penggunaan berbagai media penyebaran.  BSIP Lahan Rawa yang sebelumnya telah mengusulkan penyelenggaraan Webinar bersama, disambut baik oleh BSPJI sebagai salah satu media yang efektif untuk mencapai tujuan tersebut. Sebagai tindak lanjut, Kepala BSIP LR, Agus Hasbianto mendorong kolaborasi antara BSIP LR dan BSPJI dalam standardisasi pertanian mulai on farm sampai off farm. Dengan demikian masyarakat pengguna, khususnya patani dapat memperoleh informasi yang lengkap dari mulai produksi hingga pasca panen. 
 
Dalam rangka penyusunan rencana webinar bersama inilah pertemuan antara BSIP Lahan Rawa dan BSPJI dilaksanakan selain kolaborasi di bidang lainnya.
 
SNI 9245:2024 penataan lahan rawa pasang surut tipe luapan B dengan sistem surjan menjadi salah satu topik webinar yang akan diangkat oleh BSIP Lahan Rawa, sedangkan BSPJI akan membahas pengelolaan pasca panen terstandar hasil pemanfaatan surjan. Melalui kegiatan webinar bersama ini, diharapkan informasi terstandar mengenai pengelolaan lahan rawa menjadi lebih komprehensif. Selain itu, webinar ini juga bertujuan untuk memperluas penyebaran informasi mengenai tugas dan fungsi baru dari masing-masing Balai. BSIP Lahan Rawa dan BSPJI akan terus membangun kolaborasi untuk meningkatkan fungsi pengujian dan pengembangan standar di bidang lahan rawa dan industri. Standardisasi menjadi upaya penting dalam menciptakan perubahan, karena tanpa standar maka perbaikan tidak akan terjadi. (MAS)
 
#SayaBSIP
#Agrostandar
#PertanianCemerlangIndonesiaGemilang