PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa

Jalin Komunikasi Intensif Standardisasi Lahan Rawa, BSIP Sambangi BSPJI dan BPSI LHK Banjarbaru




 #RawaBisa

 
(Banjarbaru, 15/02) Dalam upaya meningkatkan kualitas pertanian, khususnya di lahan rawa, BSIP Lahan Rawa mengambil langkah proaktif dengan mengadakan kunjungan ke Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Banjarbaru serta Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPSI LHK) Banjarbaru.  
 
Kunjungan yang bertujuan memperkuat kerjasama dan mengidentifikasi standar pertanian yang sesuai untuk lahan rawa ini dipimpin langsung oleh Kepala BSIP Lahan Rawa, Agus Hasbianto, Ph.D., yang didampingi oleh tim kerja, Dr. Yuli Lestari dan Dr. Maulia Aries Susanti.
 
Kunjungan pertama dilakukan ke BSPJI Banjarbaru, diterima langsung oleh Kepala BSPJI Banjarbaru, Marzuki Marnala Sinambela, S.H., LL.M., dan tim. Pertemuan membahas berbagai topik standar pertanian salah satu diantaranya sertifikasi produk pertanian. BSPJI Banjarbaru telah mengembangkan diri menjadi lembaga sertifikasi produk yang kompeten dalam memastikan kualitas dan standar produk pertanian. Hal ini dianggap penting karena kualitas pertanian yang baik akan menghasilkan produk pertanian yang berkualitas.
 
Kunjungan dilanjutkan ke BPSI LHK Banjarbaru, yang diterima oleh Kasi Pengujian dan Verifikasi Penilaian Kesesuaian (PVPK), Dra. Lilis Kurniati. Beliau menyoroti pentingnya standar dalam mengelola lahan rawa gambut untuk pertanian, sebuah aspek yang belum memiliki standar yang jelas. BPSI LHK Banjarbaru telah membagi Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG) menjadi tiga bagian yang berkaitan dengan aspek yang diusulkan oleh BSIP Lahan Rawa.
 
Dengan upaya komunikasi intensif ini, diharapkan terjalin kolaborasi antara BSIP Lahan Rawa dengan BSPJI dan BPSI LHK Banjarbaru untuk menghasilkan standar yang komprehensif dan terintegrasi. Standar yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi panduan yang berguna bagi petani dalam meningkatkan hasil pertanian mereka. Kedua belah pihak sepakat untuk terus menjalin kerjasama guna memajukan sektor pertanian, terutama dalam pengelolaan lahan rawa yang menjadi fokus utama dalam pertemuan ini.(AF/MAS)
 
#SayaBSIP
#Agrostandar
#PertanianCemerlangIndonesiaGemilang