PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa

Gelar Seminar Proposal, BSIP Lahan Rawa Siap Laksanakan Kegiatan




#RawaBisa
 
(Banjarbaru, 31/01) Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian (BSIP) Lahan Rawa menggelar seminar proposal kegiatan. Seminar ini diadakan untuk memaparkan kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2024, sehingga diharapkan kegiatan lebih terarah dan memberikan dampak positif bagi masyarakat maupun Balai.
 
Dalam arahannya, Kepala BSIP Lahan Rawa, Agus Hasbianto, Ph.D., menyampaikan bahwa seminar proposal merupakan langkah penting dalam perencanaan kegiatan. Menurutnya, kegiatan ini akan memberikan pemahaman dan  target hasil yang konkret sebagai aktualisasi TUSI Balai dengan melibatkan partisipasi seluruh karyawan, sehingga kegiatan yang akan dilaksanakan menjadi efektif,  efisien dan akuntabel.
 
Dua jenis kegiatan utama yang menjadi fokus seminar proposal kali ini melibatkan aspek manajemen dan teknis. Kegiatan manajemen mencakup kegiatan layanan ketatausahaan (pengelolaan BMN, Perkantoran, Kepegawaian/Peningkatan Kemampuan SDM, dan Manajemen Keuangan), program dan evaluasi, serta kehumasan. Sementara itu, kegiatan teknis melibatkan Konsep Rancangan Standar Pengelolaan Pertanian Lahan Rawa dan Perumusan Usulan Program Nasional Perumusan Standar (PNPS) Pertanian Lahan Rawa.
 
Tahun ini, BSIP Lahan Rawa akan menyusun draft Standar Sistem Tata Air Mikro di Lahan Rawa Pasang Surut Tipe Luapan B (RSNI0) yang telah ditetapkan sebagai salah satu PNPS oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) dengan nomor SK BSN No.2/Kep/BSN/2024.
 
Sementara itu, dalam rangka penguatan sektor standardisasi pertanian lahan rawa, BSIP Lahan Rawa juga mengusulkan dua usulan PNPS untuk tahun 2024. Pertama, Metode Pemetaan Arahan Penggunaan Lahan Rawa Lebak untuk Pertanian, dan kedua, Metode Persiapan Lahan Rawa Lebak untuk Pertanaman Padi.
 
Semua usulan dan draft yang telah disetujui menjadi landasan kuat untuk melaksanakan langkah-langkah strategis dalam upaya meningkatkan kualitas pertanian lahan rawa yang terstandar dalam mendukung ketahanan pangan dan pengembangan pertanian di Indonesia. (AF)
 
#SayaBSIP
#Agrostandar
#PertanianCemerlangIndonesiaGemilang