PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Pertanian Lahan Rawa

BSIP Optimalkan Penyebarluasan Standardisasi Pertanian Lahan Rawa






TANAH BUMBU (25/01/2024) --- Sebagai akselerasi program utama Kementerian Pertanian dalam upaya khusus (UPSUS) peningkatan produktivitas tanaman pangan utama (Padi dan Jagung), BSIP Kalimantan Selatan berkolaborasi dengan BSIP Lahan Rawa menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bertajuk "Penguatan Kapasitas Penerap Standar Pertanian" di Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu 24 Januari 2024. Bimtek ini dihadiri oleh 150 peserta yang terdiri dari para petani, penangkar benih padi, dan penyuluh pertanian di Kabupaten Tanah Bumbu.

Pendekatan ini juga mendapatkan dukungan dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Lamijan, SP. Lamijan, SP secara resmi membuka kegiatan dan menegaskan keterlibatan Dinas dalam mendukung peningkatan standar pertanian. Pada kegiatan ini juga turut diserahkan buku materi penyuluhan standar instrumen pertanian spesifik lokasi Kalimantan Selatan. Buku ini diserahkan langsung oleh BSIP Kalimantan Selatan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, sebagai wujud komitmen bersama dalam mengembangkan pertanian yang lebih baik di daerah tersebut.

Selanjutnya, narasumber kedua, Mujiarno, S.ST, dari BPSB-TPH Provinsi Kalimantan Selatan, memberikan materi terkait dengan perbenihan padi bersertifikat. Mujiarno membahas aspek-aspek kunci terkait perbenihan padi dan betapa pentingnya sertifikasi dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas tanaman padi. Dengan kombinasi pengetahuan dari kedua narasumber ini, diharapkan peserta kegiatan dapat mendapatkan pemahaman yang komprehensif dan mendalam mengenai praktik pertanian yang efektif dan terstandar.

#SayaBSIP
#PertanianCemerlangIndonesiaGemilang